LAYANAN

Kelompok Bermain A : 1 Tahun 9 bulan - 3 tahun
Kelompok Bermain B : 2 Tahun 9 bulan - 4 tahun
Kelompok TK A : 3 Tahun 9 bulan - 5 tahun
Kelompok TK B : 4 Tahun 9 bulan - 6 tahun

Kelompok Bermain A (1 Tahun 9 bulan – 3 Tahun)
Senin-Jumat Jam belajar : Pk. 09.30 – 11.00
Kelompok Bermain B (2 Tahun 9 bulan – 4 Tahun)
   Senin-Jumat Jam Belajar
Pk. 07.00 -09.00 (kelas pagi)
Pk. 09.30-11.30 (kelas siang)
Kelompok TK A (3 Tahun 9 bulan – 5 Tahun)
Senin – Jumat  Jam belajar : Pk. 07.00-12.00
Kelompok TK B (4 Tahun 9 bulan – 6 Tahun)
Senin – Jumat Jam Belajar : Pk. 07.00 -12.00

SERAGAM

Kelompok Bermain
Kelompok TK

KURIKULUM  : Kelompok Bermain – TKK Santa Maria 02 adalah Kurikulum  Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

  • Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.
  • Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  • Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal

 Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka mencakup tiga tipe kegiatan pembelajaran sebagai berikut:

  1. Pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan secara terdiferensiasi sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Hal ini juga memberikan keleluasaan bagi guru untuk memilih perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya.
  2. Pembelajaran kokurikuler berupa projek penguatan Profil Pelajar Pancasila,  berprinsip pembelajaran interdisipliner yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum.
  3. Pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan minat murid dan sumber daya satuan pendidik.

Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan

Pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka merupakan siklus yang melalui tiga tahapan berikut:

1. Asesmen diagnostik

Guru melakukan asesmen awal untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, dan tahap pencapaian pembelajaran murid. Asesmen umumnya dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih lanjut terkait metode pembelajaran yang sebaiknya digunakan.

2. Perencanaan

Guru menyusun proses pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen diagnostik, serta melakukan pengelompokan murid berdasarkan tingkat kemampuan.

3. Pembelajaran

Selama proses pembelajaran, guru akan mengadakan asesmen formatif secara berkala, untuk mengetahui progres pembelajaran murid dan melakukan penyesuaian metode pembelajaran, jika diperlukan. Pada akhir proses pembelajaran, guru juga bisa melakukan asesmen sumatif sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.

MUATAN LOKAL : Muatan lokal dikembangkan melalui kegiatan intra dan ekstra. meliputi: bahasa Inggris, komputer, melukis, bina musik dan menyanyi (khusus TK), drumband dan aritmatika (Khusus untuk Kelompok B). Sedangkan kegiatan ekstra meliputi: futsal, fashion, tari, wushu, dan renang.

 

STANDAR PROSES PENDIDIKAN : Standar proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, memotivasi, menyenangkan, menantang, mendorong peserta didik untuk aktif serta memberikan ruang yang cukup sebagai prakarsa, kreativitas, kemandirian peserta didik sesuai dengan bakat dan minat serta perkembangan fisik dan psikologinya.

PILAR PENDIDIKAN KARAKTER

Dengan melihat begitu pentingnya  pendidikan karakter bagi anak-anak, maka pendidikan  karakter kami jadikan  prioritas dengan tujuan membentuk karakter anak agar menjadi pribadi yang berkarakter seorang kristiani sehingga kelak dapat memberikan konstribusi yang berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan Tuhan. Pendidikan Karakter dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yaitu antara lain dalam kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas

FASILITAS

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Katolik Santa Maria II Malang  yang berlokasi di Jl. Telomoyo IB dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang lengkap. Fasilitas sekolah tersebut terdiri dari :

BUDAYA SEKOLAH